Jumat, 17 Agustus 2007

SEKILAS TENTANG WILAYAH KARESIDENAN MADIUN

Sebagai wilayah Jawa Timur yang berada pada perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, daerah-daerah yang tergabung dalam Karesidenan Madiun diantaranya, Kabupten Madiun, Kodya Madiun, Kabupten Ponorogo, Magetan, Ngawi dan Pacitan.

Kabupaten Madiun

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Nganjuk di timur, Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kota Madiun, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Ngawi di barat. Saat ini, sejumlah kantor pemerintahan berada di kota Caruban.

Madiun dilintasi jalur utama Surabaya-Yogyakarta, dan kabupaten ini juga dilintasi jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa. Kota-kota kecamatan yang cukup signifikan adalah Caruban, Saradan, dan Balerejo.

Bagian utara wilayah Madiun berupa perbukitan, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng. Bagian tengah merupakan dataran tinggi dan bergelombang. Sedang bagian tenggara berupa pegunungan, bagian dari kompleks Gunung Wilis-Liman.

Daerah ini memiliki 15 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Dalam percakapan sehari-hari penduduk kabupaten Madiun menggunakan Bahasa Jawa dengan Dialek Madiunan.

Kota Madiun

Kota Madiun terletak 169 km sebelah barat Kota Surabaya, atau 114 km sebelah timur Kota Surakarta. dikota ini terdapat pusat industri kereta api (INKA). Madiun dikenal memiliki Lapangan Terbang Iswahyudi, yakni salah satu pangkalan utama AURI, meski sebenarnya terletak di Kabupaten Magetan.

Kabupaten Ponorogo

Ponorogo merupakan salah satu Kabupten Provinsi Jawa Timur, yang memiliki 21 kecamatan yang dibagi lagi atas 303 desa dan kelurahan. Berdasarkan Sensus penduduk tahun 2003 jumlah penduduknya 869.000

Ponorogo dikenal dengan julukan kota reog, karena daerah ini merupakan tempat lahirnya kesenian reog, yang kini menjadi icon wisata Jawa Timur. Setiap tanggal 1 Muharam Suro, selalu diselenggarakan Grebek Suro, yang pada saat ini menjadi salah satu jadwal kalender wisata Jawa Timur.

Kabupaten Magetan

Magetan adalah kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Ngawi di utara, Kota Madiun dan Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Ponorogo, serta Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri (keduanya termasuk provinsi Jawa Tengah). Lapangan Terbang Iswahyudi, salah satu pangkalan utama Angkatan Udara RI di kawasan Indonesia Timur, terletak di kecamatan Maospati.

Kabupaten Magetan dilintasi jalan raya utama Surabaya-Madiun-Yogyakarta dan jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa, namun jalur tersebut tidak melintasi ibukota Kabupaten Magetan.Satu-satunya stasiun yang berada di wilayah kabupaten Magetan adalah Stasiun Barat terletak di wilayah Kecamatan Barat. Maospati adalah ibukota kecamatan terbesar (setelah kota Magetan), terletak di jalur utama jalan raya tersebut.

Gunung Lawu (3.265 m) terdapat di bagian barat Kabupaten Magetan, yakni perbatasan dengan Jawa Tengah. Di daerah pegunungan ini terdapat Telaga Sarangan(1000 m dpl), salah satu tempat wisata andalan kabupaten ini, yang berada di jalur wisata Magetan-Sarangan-Tawangmangu-Karanganyar.

Kabupaten Ngawi

Ngawi berada diperbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora (keduanya termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah), dan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun di selatan, serta Kabupaten Sragen (Jawa Tengah) di barat.

Wilayah Ngawi di bagian utara merupakan perbukitan, bagian dari Pegunungan Kendeng. Bagian barat daya adalah kawasan pegunungan, bagian dari sistem Gunung Lawu (3.265 meter).

Kabupaten Pacitan

Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul.

Pacitan juga dikenal memiliki gua-gua yang indah, diantaranya Gua Tabuhan, Gua Kalak, dan Gua Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara). Daerah pegunungan di Pacitan juga seringkali ditemukan fosil purbakala.(*)

Tidak ada komentar: